Wahyuningrum, Pebby Endah (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS (Oryza Sativa L.) DI SWALAYAN BERKAH MANDIRI KEC. MOJO KAB. KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.
19542010009_Abstrak.pdf
Download (166kB)
19542010009_daftar pustaka.pdf
Download (260kB)
19542010009_PEBBY ENDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian beras (Oryza Sativa) di Swalayan Berkah Mandiri Kec. Mojo Kab. Kediri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2023, yang bertempat di Swalayan Berkah Mandiri Mojo yang terletak di Desa Mlati Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan responden dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner) sebagai alat. Data sekunder kepustakaan terkait dengan topik penelitian yang diambill dari buku dan jurnal ilmuwan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dimana penentuan Teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Jumlah sampel pnelitian ini menggunakan teori Roscoe (Sugiyono 2010) maka diperoleh 50 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji determinan, uji hipotesi ( uji t parsial dan uji f simultan) dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian untuk perumusan masalah yang pertama dapat disimpulkan bahwa karakteristik responden di Swalayan Berkah Mandiri yang dominan adalah Wanita dengan presentase 74% , rata-rata di usia 16-35 tahun, Pendidikan terakhir SMA dengan presentase 58% , dan pekerjaan karyawan swasta profesi paling dominan dengan presentase 36%. Hasil penelitian untuk perumusan masalah yang kedua dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengujian secara keseluruhan variabel bebas memiliki pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Keputusan ini didukung dengan adanya nilai R 0,875 yang mengartikan bahwa secara menyeluruh ada hubungan yang erat antara variabel-variabel bebas terhadap keputusan pembelian produk beras sebesar 87,5% sedangkan sisanya 12,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari hasil pengujian secara parsial diperoleh bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian beras di Swalayan Berkah Mandiri Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan 600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:04 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 07:36 |
URI: | http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/698 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year