Search for collections on Repository UNISKA Kediri

ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT DAERAH PEMASARAN GUNA MEMPEROLEH LABA YANG OPTIMAL (Studi Kasus pada PT. Alam Damai Mitra Raya Trenggalek)

Istinasari, Aprilia Debby (2018) ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT DAERAH PEMASARAN GUNA MEMPEROLEH LABA YANG OPTIMAL (Studi Kasus pada PT. Alam Damai Mitra Raya Trenggalek). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.

[thumbnail of Aprilia Debby Istinasari 14130310017.pdf] Text
Aprilia Debby Istinasari 14130310017.pdf

Download (196kB)

Abstract

Biaya pemasaran merupakan biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai produk tersebut diubah kembali dalam bentuk tunai. Biaya pemasaran juga terbagi menjadi beberapa bagian salah satunya biaya pemasaran menurut daerah pemasaran. Biaya pemasaran menurut daerah pemasaran dapat digunakan untuk membandingkan laba pada setiap daerah pemasarannya. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui daerah pemasaran yang berkontribusi dalam hal menghasilkan laba paling optimal.
Sumber data yang digunakan adalah data primer. Jenis data yang digunakan, data kualitatif dan data kuantitatif yang diperolehh dari hasil dokumentasi. Variabel yang digunakan adalah biaya pemasaran, pemasaran dan laba. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang menjelaskan tentang variabel atau data dalam penelitian yang selanjutnya dilakukan perhitungan untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat.
Berdasarkan hasil analisis, perhitungan biaya pemasaran menurut daerah pemasaran terbagi menjadi tiga daerah pemasaran yaitu daerah pemasran Jatim, Jabar dan Jateng. Daerah pemasaran dengan perolehan laba paling optimal terjadi pada daerah pemasaran Jatim, sedangkan daerah pemasaran yang menghasilkan laba kurang optimal terjadi pada daerah pemasaran Jateng. Daerah pemasaran dengan perolehan laba paling optimal didukung dengan adanya transportasi dan akses jalan yang lebih mudah dalam hal pemasaran produk.
Berdasarkan hasil penelitian, saran dari peneliti untuk PT. Alam Damai Mitra Raya sebaiknya menerapkan analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasaran agar dapat mengetahui perolehan laba yang optimal pada setiap daerah pemasarannya.

Kata kunci: Biaya Pemasaran, Pemasaran, Laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:05
Last Modified: 02 Aug 2024 03:45
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors