Search for collections on Repository UNISKA Kediri

Pengaruh Pemahaman, Kemudahan, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Pengusaha Online Shopee

Kirana, Putri Yuniar Tias (2025) Pengaruh Pemahaman, Kemudahan, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Pengusaha Online Shopee. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI (UNISKA) KEDIRI.

[thumbnail of 21130310025_ABSTRAK.pdf] Text
21130310025_ABSTRAK.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, kemudahan pelaporan perpajakan, dan sosialisasi perpajakan, terhadap kepatuhan wajib pajak pada pengusaha online di Aplikasi Shopee. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua kuesioner yang disebar melalui chat dalam platform Shopee. Data yang digunakan dikumpulkan berdasarakan metode voluntary sampling dan diperoleh sampel sebanyak 75 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel pemahaman peraturan perpajakan dan pelaporan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pada pengusaha online di aplikasi shopee dan kemudahan sosialisasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pada pengusaha online di aplikasi shopee. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis yang memperkuat relevansi teori atribusi dan Theory of Planned Behavior (TPB) dalam konteks kepatuhan pajak pelaku usaha e-commerce. Dalam teori atribusi, perilaku individu dipengaruhi oleh persepsi terhadap faktor internal dan eksternal. Temuan bahwa pemahaman dan kemudahan pelaporan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, namun sosialisasi perpajakan justru berpengaruh positif, menunjukkan bahwa persepsi eksternal yang dibangun melalui edukasi dan informasi dari otoritas pajak mampu mengubah sikap wajib pajak. Hal ini juga sejalan dengan TPB, yang menyatakan bahwa niat untuk berperilaku (dalam hal ini, patuh membayar pajak) dipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan. Sosialisasi perpajakan yang efektif dapat membentuk sikap positif dan norma sosial yang mendorong kepatuhan, terutama pada pelaku e-commerce yang umumnya berasal dari kalangan muda dan belum memiliki pemahaman pajak yang kuat. Kebaruan dalam penelitian ini adalah dengan objek pengusaha online di aplikasi Shopee.

Kata kunci: Sosialisasi Pajak,Pemahaman Pajak, Pelaporan pajak, Kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 - Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:56
Last Modified: 10 Dec 2025 01:56
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors