Search for collections on Repository UNISKA Kediri

PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KILISUCI KOTA KEDIRI ATAS KELALAIAN PELAYANAN PUBLIK

EFFENDY, VIOLIN TRISTANIA PUTRI (2024) PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KILISUCI KOTA KEDIRI ATAS KELALAIAN PELAYANAN PUBLIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.

[thumbnail of 20120000027_ABSTRAK.pdf] Text
20120000027_ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 20120000027_Violin Tristania Putri Effendy - Violin Tristania Putri Effendy.pdf] Text
20120000027_Violin Tristania Putri Effendy - Violin Tristania Putri Effendy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Analisis mengenai pertanggungjawaban Rumah Sakit Umum Daerah Kilisuci atas kelalaian pelayanan publik. tujuan analisis penelitian ini untuk menganalisis pertanggungjawaban rumah sakit atas komplain pasien terkait pelayanan yang di bawah standar minimum yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 tahun 2019 tentang Panduan Perilaku Pelayanan Publik dan juga menganalisis Upaya Rumah Sakit dalam memenuhi standar sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 tahun 2019 tentang Panduan Perilaku Pelayanan Publik. Dalam penelitian ini menggunakkan metode empiris. Pertanggungjawaban rumah sakit atas komplain pasien terkait pelayanan yang di bawah standar minimum yang diatur dalam peraturan menteri kesehatan nomor 30 tahun 2019 tentang panduan perilaku pelayanan publik yaitu dengan cara penyuluhan secara menyuluruh kepada semua pengunjung yang dirasa mengalami kekecewaan terhadap pelayanan rumah sakit ketika berada dilokasi terhadap pelayanan pegawai. Permintaan maaf sendiri dilakukan oleh atasan secara langsung untuk menemui pasien yang masih ada di rumah sakit. Upaya rumah sakit dalam memenuhi standar sesuai peraturan menteri kesehatan nomor 30 tahun 2019 tentang panduan perilaku pelayanan public yaitu dengan cara penyuluhan materi terkait pedoman pelayanan rumah sakit yang baik kepada pegawai juga berdampak positif setiap bulannya. Penyuluhan dilakukan secara merata terhadap pegawai yang melakukan maupun yang tidak melakukan Tindakan kurang terpuji. Tujuan ini untuk menekan semua pegawai agar paham dan bisa diimplementasikan terhadap pekerjaannya. Terbukti dengan adanya upaya yang dilakukan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kilisuci selama tahun 2023 membuat data komplain menjadi menurun dan juga meningkatnya pengunjung yang berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Kilisuci dalam jangka waktu Oktober 2023 hingga April 2024 yang bisa dikataka nihil penilaian minus.

Kata Kunci : Pertanggungjawaban hukum. Pelayanan publik. Rumah Sakit Umum Daerah Kilisuci Kediri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 - Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:44
Last Modified: 01 Oct 2025 04:44
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors