Palupi, Silfiana (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BENIH CABAI RAWIT VARIETAS CBR 25 DI PT. WIRA AGRO NUSANTARA SEJAHTERA KABUPATEN KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.
20542010001_Abstrak.pdf
Download (201kB)
20542010001_Silfiana Palupi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (972kB)
Abstract
PT. Wira Agro Nusantara Sejahtera (WIRANUSA) merupakan salah satu perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang produksi dan sekaligus sebagai pelopor breading di Indonesia yang menghasilkan benih unggul hybrid F1 bermutu tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai benih tanaman Hortikultura salah satunya adalah Bernih tanaman cabai rawit varietas CBR 25 A dengan merek dagang "NOVI" dan cabai rawit varietas CBR 25 Bdengan merek dagang "Dynamit". Agar produk benih dapat dikenal baik oleh petani dan masyarakat sekitar maka perlu melakukan survei kepuasan konsumen untuk mengetahui mutu layanan setiap tahunnya sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan serta tentunya ketepatan sasaran layanan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan mempengaruhi pelanggan terhadap mutu dan pelayanan produk beruh unggul WIRANUSA Varietas CBR 25 dan bagaimana atribut-atribut yang perlu dipertahankan, diperbaiki dan dikurangi untuk meningkatkan kepuasan terhadap mutu dan pelayanan produk benih unggul WIRANUSA Varietas CBR 25. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap mutu dan pelayanan produk serta menganalisis atribut-atribut yang perlu dipertahankan, diperbaiki dan dikurangi untuk meningkatkan kepuasan terhadap mutu dan pelayanan produk beruh unggul WIRANUSA Varietas CBR 25. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui karakteristik petani, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap benih cabai rawit varietas CBR 25 adalah 73,5% yang menggambarkan bahwa harapan konsumen terhadap atribut-atribut yang di evaluasi sebagian besar terpenuhi. Dan strategi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan transparansi mengenai jaminan produk serta memperbaiki desain, kualitas kemasan untuk memastikan keamanan dan daya tarik produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:18 |
URI: | http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/987 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year