Search for collections on Repository UNISKA Kediri

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENILAI KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi Kasus pada Hotel Mitra Inn Kediri)

Saadah, Iva Rohmatus (2018) PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENILAI KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi Kasus pada Hotel Mitra Inn Kediri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.

[thumbnail of Iva Rohmatus Saadah 14130310209.pdf] Text
Iva Rohmatus Saadah 14130310209.pdf

Download (207kB)

Abstract

Dengan adanya pertumbuhan hotel berbintang yang pesat di Kediri, mengakibatkan persaingan dalam usaha perhotelan semakin meningkat. Dimana hotel-hotel berbintang diharuskan untuk memenuhi standar pelayanan dan fasilitas tertentu. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan.
Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungkan hidup bagi perusahaan. Manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja manajer pusat laba dapat diukur, maka akuntansi pertanggungjawaban perlu ditetapkan agar informasi yang dihasilkan dapat berperan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja manajer pusat laba sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan.
Penelitian dilakukan pada Hotel Mitra Inn Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja manajer pusat laba. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer sedangkan teknik pengumpulan data secara wawancara dan dokumentasi, yaitu melalui fakta yang diperoleh dari penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah pertumbuhan kinerja keuangan (pusat laba), serta perbandingan realisasi dan anggaran pada laporan pertanggungjawaban perusahaan.
Dari hasil penelitian berdasarkan perhitungan diketahui bahwa Operating Efficiency Ratio pada tahun 2015 menunjukkan kinerja buruk karena berada pada presentase <0%. Sedangkan berdasarkan perhitungan Net Profit Margin tahun 2015 menunjukkan kinerja dengan kriteria cukup karena berada pada rentang presentase >5%-10%. Pada tahun 2016 menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang karena berada pada presentase ≤5%. Residual income tahun 2015 sebesar 4.3% dan tahun 2016 sebesar 3.0% yang berarti residual income bernilai poositif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban pada Hotel Mitra Inn Kediri sampai saat ini telah memadai dan telah berperan dalam meningkatkan kinerja manajer pusat laba.

Kata Kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Penilaian Kinerja Manajer Pusat Laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 - Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:45
Last Modified: 02 Aug 2024 03:25
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors