Search for collections on Repository UNISKA Kediri

PERTANGGUNG JAWABAN PT ASTRA HONDA MOTOR TERHADAP KERUSAKAN RANGKA ESAF YANG MENIMBULKAN KERUGIAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Putri, Nadela Febria (2024) PERTANGGUNG JAWABAN PT ASTRA HONDA MOTOR TERHADAP KERUSAKAN RANGKA ESAF YANG MENIMBULKAN KERUGIAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.

[thumbnail of 20120000054_Cover.pdf] Text
20120000054_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 20120000054_Abstrak.pdf] Text
20120000054_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 20120000054_Daftar Pustaka.pdf] Text
20120000054_Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 20120000054_NADELA FEBRIA PUTRI.pdf] Text
20120000054_NADELA FEBRIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pertanggungjawaban dari PT
Astra Honda Motor yang telah merugikan konsumen atas
terjadinya kerusakan pada rangka Esaf melalui dua aspek, yaitu pertanggungjawaban dari pelaku dan metode penyelesaian sengketa yang relevan. Tujuan penelitian ini menganalisis tanggung jawab PT Astra Honda Motor terhadap cacat produk rangka Esaf menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan menganalisis penyelesaian sengketa antara konsumen dengan PT Astra Honda Motor terkait cacat produk rangka Esaf dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian ini menggunakan legal research (normatif). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa PT. Astra Honda Motor perlu mempertimbangkan faktor hukum, etika bisnis, dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan agar penyelesaiannya dilakukan secara adil dan transparan. Pertama, faktor hukum meliputi: PT. Astra Honda Motor perlu bertanggung jawab untuk memperbaiki atau mengganti rangka Esaf yang cacat, memberikan kompensasi kepada konsumen yang dirugikan, dan memberikan informasi tentang cacat produk dengan jelas kepada konsumen. Kedua, etika bisnis dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan meliputi: PT. Astra Honda Motor berkewajiban untuk menanggapi keluhan konsumen secara cepat dan efektif serta memastikan keamanan produknya. Metode penyelesaian sengketa yang digunakan untuk persoalan cacat produk rangka Esaf melalui jalur non-litigasi, terutama Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang dapat memberikan ganti rugi secara cepat dan efisien.

Kata Kunci: Perlindungan konsumen. Pertanggungjawaban
hukum. Kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 - Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:10
Last Modified: 19 Jun 2024 04:10
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors