adella, desy kurniawati Strategi Pemasaran Cv. Indo Jaya Bersatu dalam Meningkatkan Profit Perusahaan dan Menarik Minat Konsumen. Jurnal Prodi Manajemen.
Adella Desy.pdf
Download (185kB)
Abstract
Strategi Pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi merupakan strategi yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan serta menarik minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan bentuk strategi pemasaran dari CV Indo Jaya Bersatu serta implikasinya dalam meningkatkan profit perusahaan dan menarik minat beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini ialah karyawan CV Indo Jaya Bersatu dan konsumen CV Indo Jaya Bersatu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV Indo Jaya Bersatu antara lain: (1) Produk yakni dengan membuat produk dengan menganalisis kebutuhan masyrakat, menjaga kualitas dan pelayaan produk, dan menjaga ketersediaan atau stok produk agar tidak kehabisan, (2) Harga yakni dengan menentukan harga produk berdasarkan kualitas produk, harga bahan baku, biaya produksi, harga pesaing dan reaksi dari konsumen terhadap harga yang ditetapkan, (3) Distribusi yakni dengan menyalurkan produk secara langsung kepada konsumen akhir, bekerjasama dengan agen distribusi, dan menjual produk pada penjual grosir dan eceran, dan (4) Promosi dengan melalui penjualan personal (personal selling) yakni dengan mengirimkan sales penjualan untuk memperkenalkan produk pada masyarakat serta melalui pemasaran langsung (direct marketing) dengan menjual secara langsung kepada konsumen secara offline maupun online. Strategi pemasaran tersebut mampu meningkatkan profi perusahaan dengan meningkatnya pendapatan perusahaan yang semula berada pada angka Rp 5.101.243.500,00 dengan pendapatan bersih Rp 3.197.670.700,00 pada tahun 2017 meningkat hingga Rp 7.740.548.500,00 dengan pendapatan bersih mencapai Rp 6.712.445.600,00 pada tahun 2022. Minat yang tumbuh pada konsumen CV Indo Jaya Bersatu ialah minat transaksional yakni konsumen CV Indo Jaya Bersatu cenderung senang bertransaksi dengan CV Indo Jaya Bersatu karena kualitas dan pelayanan yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 - Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Fakultas Ekonomi |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 04:24 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 04:24 |
URI: | http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/266 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year