Hendri, Eka Prasetya (2023) Pengaruh Pengalaman Pemasaran terhadap Pembelian Ulang yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan di UD Sinar Harapan Kediri. Jurnal Program Studi Manajemen.
41 Hendri EP.pdf
Download (150kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel Pengalaman
Pemasaran (X) terhadap Pembelian Ulang (Y) yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Z)
di UD Sinar Harapan Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang digunakan
untuk menguji hubungan suatu variabel terhadap variabel lainnya yang menekankan
analisisnya pada angka-angka yang diolah dengan metode statistik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Pemilihan sampel menggunakan metode sampling jenuh, jumlah sampel dalam penelitian
diperoleh 34 responden pada UD Sinar Harapan Kediri. Analisi data menggunakan Partial
Least Square - Sructural Equation Model (PLS-SEM) yang bertujuan untuk menguji
hubungan prediktif antar konstruk dengan melihat apakah ada hubungan atau pengaruh antar
konstruk tersebut. Konsekuensi logis penggunaaan PLS-SEM adalah pengujian dapat
dilakukan tanpa dasar teori yang kuat, mengabaikan beberapa asumsi (non-parametrik) dan
parameter ketepatan model prediksi dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2). Dalam
penelitian ini menggunakan 2 sub model teknik analisis yaitu outer model diantaranya
convergent validity, discriminant validity, rabilitas dan inner model yang bisa dilihat dari R-
Square, nilai signifikan, indirect effect.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengalaman Pemasaran
terhadap pembelian ulang memiliki nilai t-statistik 1.595 <1.96, dan nilai p-values 0.111
<0.05. Variabel Pengalaman Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai t-
statistik 3.043 >1.96, dan nilai p-values 0.002 <0.05. Variabel Kepuasan Pelanggan terhadap
Pembelian Ulang memiliki nilai t-statistik 5.106 >1.96, dan nilai p-values 0.000 <0.05.
Variabel Pengalaman Pemasaran terhadap Pembelian Ulang yang dimediasi oleh Kepuasan
Pelanggan jika dilihat dari hasil pengujian bootstrapping memiliki nilai Indirect Effect 0.021
<0.05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan (Z) mampu memediasi
variabel Pengalaman Pemasaran (X) terhadap Pembelian Ulang (Y).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 - Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Fakultas Ekonomi |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 08:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 08:50 |
URI: | http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year