LUBIS, MOH. CHOIRUL HANAFI (2025) PENEGAKAN HUKUM PASAL 8 AYAT (1) HURUF G UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UPT PERLINDUNGAN KONSUMEN KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.
![[thumbnail of 21120000067 ABSTRAK.pdf]](http://repo.uniska-kediri.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21120000067 ABSTRAK.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 21120000067 Moh Choirul Hnanafi Lubis(1) - Moh choirul Hanafi lubis.pdf]](http://repo.uniska-kediri.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21120000067 Moh Choirul Hnanafi Lubis(1) - Moh choirul Hanafi lubis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Studi ini untuk mendriskipsikan dan menganalisis penegakan hukum terhadap pelanggaran Pasal 8 Ayat (1) Huruf G Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di UPT Perlindungan Konsumen Kediri. Pasal tersebut mengatur larangan bagi pelaku usaha untuk tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa atau jangka waktu penggunaan/pemanfaatan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskipsikan dan menganalisis lebih mendalam terkait pelaksanaan penegakan hukum dan mekanisme penanganan pengaduan konsumen terkait pelanggaran Pasal 8 ayat (1) huruf g Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di UPT Perlindungan Konsumen Kediri. Metode penelitian ini menggunakan metode normatif-empiris. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa yang dapat melaksanakan penegakan hukum di UPT Perlindungan Konsumen Kediri ada di seksi pengawasan barang beredar, jasa dan tertib niaga di UPT perlindungan konsumen Kediri dan BPSK Kediri. Akan tetapi di seksi pengawasan barang beredar, jasa dan tertib niaga di UPT perlindungan konsumen Kediri belum bisa melakukan penegakan hukum dalam hal penyidikan dan penyelidikan terkait Pasal 8 Ayat (1) Huruf g Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena belum memenuhi syarat minimal 2 PPNS akan tetapi di UPT perlindungan konsumen Kediri masih ada 1 PPNS. Dan untuk mekanisme penanganan pengaduan konsumen ada di Seksi pemberdayaan konsumen dan pelaku usaha di UPT perlindungan konsumen Kediri. Ada beberapa hambatan Terutama ada Bukti-bukti kurang, misalkan: perjanjiannya kurang jelas dan pelaku usahanya kurang jelas domislinya serta luasnya lingkup kerja UPT Perlindungan Konsumen yang menjadi penghambat dalam mekanisme penangan pengaduan.
Kata Kunci : Penegakan hukum, Konsumen, Kadaluwarsa, Perlindungan konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 - Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:30 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:30 |
URI: | http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year