Search for collections on Repository UNISKA Kediri

Rancang Bangan Game Labirin Dalam Mengasah Daya Ingat Pengguna Berbasis Augmented Reality (AR)

LIA, SINDI APRIL (2024) Rancang Bangan Game Labirin Dalam Mengasah Daya Ingat Pengguna Berbasis Augmented Reality (AR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM KADIRI.

[thumbnail of 20562020029_ABSTRAK.pdf] Text
20562020029_ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 20562020029_Sindi April Lia - Sindi Aprilia.pdf] Text
20562020029_Sindi April Lia - Sindi Aprilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi, terutama dalam bidang permainan digital, telah mengubah cara kita berinteraksi dengan berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengembangan keterampilan kognitif. Permainan digital, khususnya video game, kini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat. Salah satu jenis permainan yang bermanfaat dalam melatih daya ingat adalah game labirin berbasis Augmented Reality, yang menuntut pemain untuk memecahkan masalah, membuat keputusan strategis, dan mempertahankan fokus saat menghadapi rintangan. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sendiri dapat membawa game labirin ke level baru, memungkinkan desain labirin yang lebih kompleks, menarik, dan edukatif karena AR menggabungkan objek virtual ke dalam lingkungan nyata untuk menciptakan pengalaman interaktif yang dinamis dan menantang. Di SDN Sumber Kepuh 5, ditemukan permasalahan terkait kurangnya daya ingat siswa dalam pembelajaran, terutama di kelas 2, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Untuk mengatasi masalah ini, game labirin berbasis Augmented Reality (AR) diusulkan sebagai solusi alternatif yang dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan kognitif siswa. Adapun hasil rata-rata penilaian game labirin dalam mengasah daya ingat pengguna berbasis augmented reality menunjukan nilai sebesar 79% dengan kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game kuis bagi siswa SD sumberkepuh 5 dapat meningkatkan daya ingat.

Kata Kunci : Daya Ingat, Game Labirin, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:32
Last Modified: 29 Sep 2025 03:32
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors