Search for collections on Repository UNISKA Kediri

Pengaruh daya tarik wisata persepsi harga dan kepuasan terhadap minat berkujung kembali pasar senggol bangoan tulugagung

Nabila, Apriliana Imaniar Pengaruh daya tarik wisata persepsi harga dan kepuasan terhadap minat berkujung kembali pasar senggol bangoan tulugagung. Journal Prodi Manajemen.

[thumbnail of Nabila Apriliana imaniar.pdf] Text
Nabila Apriliana imaniar.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, persepsi harga dan kepuasan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali Pasar Senggol Bangoan
Tulungagung. Pasar Senggol Bangoan Tulungagung adalah wisata kuliner andalan di Kabupaten Tulungagung dan merupakan pasar lama yang sudah ada sejak dulu. Sesuai perkembangan zaman, pihak pemangku kepentingan melakukan pembenahan dengan meningkatkan fasilitas mulai dari toilet umum serta area parkir yang lokasinya terletak di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru. Kondisi yang membuat kawasan ini berpotensi untuk dikembangan ialah karena mempunyai ciri khas makanan atau jajanan lama sehingga tidak dipungkiri juga hal tersebut yang menjadi keinginan atau minat pengunjung untuk berkunjung kembali. Meningkat atau mempertahankan pengunjung wisata kuliner pasar senggol agar terus berkeinginan berkunjung kembali juga adanya faktor-faktor yang mempengaruhi seperti daya tarik wisata, persepsi harga dan kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan ialah seluruh pengunjung wisata kuliner Pasar Senggol Bangoan Tulungagung. Sampel yang digunakan sebanyak 384 responden. Pada pengujian penelitian menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa pada hipotesis pertama, daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan nilai t hitung sebesar 3,776 dan signifikansi 0,000. Pada hipotesis kedua, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan nilai t hitung sebesar 2,222 dan signifikansi 0,027. Pada hipotesis ketiga, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan nilai t hitung sebesar 0,045 dan signifikansi 0,045. Pada hipotesis keempat, daya tarik wisata, persepsi harga dan kepuasan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan nilai F hitung sebesar 21,586 dan signifikansi 0,000.

Item Type: Article
Subjects: 300 - Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:37
Last Modified: 28 Dec 2023 02:37
URI: http://repo.uniska-kediri.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors